Feeds:
Posts
Comments

Archive for December, 2006

6 keluhan akhir tahun

jangan ngeBlog saat kerja

1. BANJIR BANDANG DAN LONGSOR DI SUMATERA
Tepat 2 tahun setelah tsunami meluluh lantakkan Aceh dan meminta korban 180,000 jiwa rakyat Aceh, 26 Desember 2006, lagi, Banjir Bandang menghantam Aceh TImur dan sebagian Riau. Aceh Tamiang adalah yang terparah, diperkirakan sekitar 77 jiwa hanyut terbawa air bah. Bukan cuman manusia, gajah yang juga menjadikan Sumatera sebagai habitatnya turut merasakan efek bencana ini. Longsor juga merambah Mandailing Natal, sekitar 20 orang tewas terseret. Nauzubillahi min dzalik… (more…)

Advertisements

Read Full Post »

batman begins; why do we fall?

semalam nonton film Batman Begins ini di HBO, menceritakan flashback perjalanan Batman dari seorang anak konglomerat baek hati (gile, di Indonesia ada gak ya konglomerat yang berjenis ini), menjadi anak nakal yang desperate dan kemudian berkelana keliling dunia untuk menemukan arti keadilan, kemudian kembali ke Gotham city.

hanya satu hal yang kemudian tersisa di kepala saya, ketika si bocah Bruce Wayne jatuh terperosok ke goa dan diselamatkan oleh ayahnya, Thomas Wayne…

“why do we fall?”
“So we can learn to pick ourselves up”

kapan kita terakhir belajar dari kegagalan? entahlah, tapi secara pribadi, saya tidak begitu ingat seberapa sering saya belajar dari kegagalan ini, dan yang paling banyak justru mengulangi kegagalan ini. Kadang-kadang kemudian mengutuk diri yang bak keledai, terperosok ke lubang yang sama. apa yang kemudian saya lakukan? tidak lain adalah mengadu lagi ke Maha-Mendengar-Pengaduan….

kapan Indonesia belajar dari kegagalan? tidak pernaH. Seberapa tahun kita dijajah? 350tahun oleh Belanda, 3.5 tahun oleh Jepang. Lantas, apakah kemudian setelah 17 Agustus 1945 kita berhasil belajar dari ratusan tahun masa kelam itu? sejarah kemudian membuktikan, pemberontakan, korupsi, pembantaian anggota PKI, bencana alam, silih berganti….

sepertinya yang belajar hanya alam…mereka mempelajari perilaku busuk kita, kemudian pada saat yang tepat berbalik arah dan membantai kebodohan kita…

wallahu ‘alam bis showab…

Read Full Post »

Ajiku di Pannampu

SELAMAT HARI IBU
FOR THOSE CHOOSED AS BELOVED SUPER HUMAN, CONGRATULATION…
YOU DESERVE THE HIGHEST DEGREE OF RESPECT UPON ALL

Hari in hari Ibu, Ajiku sayang,
aku hampir yakin dirimu tidak akan sempat membaca tulisan ini,
ketika kusadari dunia mu hanyalah selebar petakan rumah kita di Panampu, sepanjang jalur pete-pete atau becak yang kau nikmati ke kios mu di pasar Butung
atau sesekali kau susuri jalan panjang ke sengkang dan palopo, menebar cinta dan pelukmu di sana…
aku tahu duniamu hanyalah dunia dengan keterbatasan seorang ibu yang tak seluas dunia anak-anakmu,
ketika anak-anakmu menggapai dunia dan menyusuri negeri-negeri nun jauh; padang, aceh, balikpapan, pontianak, jambi, bukittinggi, jogja, jakarta, bogor bahkan ke cina, engkau hanya diam termangu mendoakan kami di duduk sila mu, sambil memilin benang dan manik-manik di jemari renta mu, tanpa tahu negeri apa gerangan yang telah mengangguk hormat pada anak-anakmu
di benakmu, hanya keselamatan dan kenangan masa kecil kami yang kau hamparkan sebagai kota kecil di dalam surga impianmu…..

tak ada internet, blog, tv kabel, piala dunia, fashion tv, hiburan pop dalam ingatanmu,
…bahkan nama gelar dan strata pendidikan yang kami raih pun tak kau pahami bagaimana mengejanya,
walau itu tercapai karena infus harapan yang kau suntikkan tetes demi tetes ke darah muda kami..
bahkan kadang kau lupa mengartikan hiburan selain membuat anakmu tersenyum dalam raihan keinginannya..
hanya sekelebat haru dan perih yang kau rasakan mengarungi hidup membesarkan kami

namun dunia yang kau miliki adalah dunia terindah dengan hamparan semangat yang tak berbatas,
dunia yang tak mengenal menyerah walau hanya dalam diam, ketika air mata dan kata pun tak mampu menyingkirkan derita mu…
dalam diam di kota yang jauh dari mu kini, teringat berjuta kecupan yang telah kunikmati sejak dulu, meraih dahi dan lenganmu untuk kucium dengan harum wangi terindah di jagad ruhani ku,
ketika diriku meletakkan mata yang berlinang dan hati yang bergetar ketika mengingatmu,
benak ini lirih memanjat doa kepada sang Cinta
Tuhan, kuatkan daku tuk menghadirkan senyum tulus dari bibir nya…
dan kupersembahkan yang terbaik dalam dunia tanpa batasnya…..
dan biarkan hanya Kau dan daku yang tahu…..

Read Full Post »

napuAtaki Petta Ranreng

Alkisah di awal abad 20, La Kampai – bangsawan bergelar Arung dari Sangalla, Toraja terpedaya oleh bangsawan lain yang merasa terganggu kekuasaannya. Diperdaya, dirampok dan diculik oleh musuh politiknya, La Kampai kemudian dijual sebagai budak kepada Petta Ranreng, Arung Matoa Wajo waktu itu.

La Kampai, yang sudah tercerabut dari kebangsawanan, kemewahan dan strata sosialnya, mengabdi sepenuh hati kepada Petta Ranreng. Namun Petta Ranreng, sang Arung Matoa, mengetahui dari adab, tutur kata dan gelang emas di kaki La Kampai, bahwa ia bukanlah orang biasa. Karenanya sang Arung kemudian menempatkan La Kampai di Saoraja, istana sang Arung, dan bukan di dapur, ladang atau tempat rendah lainnya, walaupun tetaplah berstatus budak.

Oleh karenanya, La Kampai, dengan segala kerendah hatiannya berpesan ke anak cucunya….
“narekko engka tau makkutana fole fegaki appangta, akkedako napuataki Petta Ranreng”.

what a pride to be a slave (servant?)? dunno what but they always proudly say..maradeka tau Wajoe, ade’na napaPuang…

Bangga menjadi Ata? Not really, but for those declare as Allah’s slave/servant. It is Pride, Priceless!

Silsilah Keluarga Noertika – Ompeng Generation dan Pallempa Generation
Link Silsilah Petta Ranreng: Lontara Arung Matoa Wajo “Petta Ranreng”.
Sangalla in pics: batusura
Sangalla in Wikipedia: Sangalla
Peta/Map: Sangalla
Pariwisata: Peninggalan Kerajaan Sangalla – Buntukalando
A guide tour to Sangalla: for foreign visitor
Sejarah Bugis: kampung kita

Read Full Post »

Pilkada kepemimpinan lokal Aceh telah berlangsung 11 Desember 2006 kemaren. Hasil quick count beberapa lembaga independen menunjukkan dominasi pasangan calon ex-GAM dalam pemilihan Gubernur dan Bupati di beberapa lokasi. Hasil akhir yang akan diumumkan KIP (Komisi Independen Pemilihan) kemungkinan tidak akan jauh meleset dari hasil quick count ini. Pasangan exponen GAM dan SIRA; Irwandi Yusuf-Muhammad Nazar, keduanya pernah dipenjarakan oleh pemerintahan Megawati Soekarnoputri, berpeluang besar memenangkan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur dengan meraup tak kurang dari 38,57% suara rakyat Aceh.

Harapan rakyat Aceh akan perubahan kelihatannya akan terwujud, setelah terkungkung dalam pijakan orde baru dan order ‘status quo’ 4o tahun lamanya. Sudah waktunya mereka dipimpin oleh putra daerah yang mengakar dari rakyat, bersih dari politik busuk, tidak pernah tercemari oleh birokrasi lama, berangkat dari perjuangan politik dan fisik, cerdas, dan diharapkan jujur, dan paling penting mendapat dukungan dari semua pihak, terutama GAM (kini KPA; Komisi Peralihan Aceh) dan Pemerintah. Pemerintah melalui suara Wapres, Presiden dan Menhan menyuarakan netralitasnya bahwa siapapun yang memenangi pilkada tentunya sudah merupakan kehendak rakyat, toh sudah tidak ada juga GAM, semua sudah warga Indonesia, sejak ditandatanganinya MOU Helsinki Selentingan kabar tersiar bahwa pasangan independen ini malah mendapat dukungan dari Wapres JK.

Congratulation buat rakyat Aceh, semoga damai dan jaya selalu. Amin.

Read Full Post »

Downfall: DER UNTERGANG

Saya tidak tahu, apa yang berkecamuk di pikiran suami-istri Goebbels, menteri propaganda pemerintahan Hitler, ketika satu persatu dari ke-tujuh anaknya yang masih belia disuapi Racun Sianida ketika terlelap di bunker persembunyian Hitler dan pembantu-pembantunya. Sebelumnya, adegan di film ini memperlihatkan dialog bagaimana si Ny Goebbels mengatakan “saya mengkhawatirkan nasib anak-anak saya jikalau pemerintahan Nazi sudah tidak eksis lagi di Jerman”. Kekhawatiran ibu yang tidak beralasan, yang kemudian ditimpalin oleh lawan bicaranya “biarkan mereka menjalani hidupnya sendiri”. Namun sang Ibu tetap berkeras untuk menghabisi nyawa anak-anaknya, sesaat sebelum mereka berdua juga bunuh diri.

Filem ini, lebih megedepankan sisi manusiawi, atau lebih pasnya, pergolakan perasaan ketika dalam kekalahan. Saat-saat terkahir pemerintahan Hitler dihabisi oleh serangan Rusia. Hitler dan Goebbles sendiri, bersama beberapa jenderal lainnya lebih rela menghabisi nyawa sendiri dibandingkan menyerah ke tangan musuh. Bahkan jenazah mereka diharuskan untuk dibakar sehingga tak akan dikenali oleh tentara Rusia.

Waspada: Film ini berkisah tentang 12 hari terakhir kehidupan pemimpin yang berciri khas kumis pendek tersebut. Dibandingkan dengan film-film yang mengangkat kisah yang sama, “The Downfall” mengangkat sisi humanis diktatator yang terkenal kejam itu.

Kisah di film ini bersumber dari saksi mata dan buku sejarah yang mengangkat kisah Hitler. Saksi hidup yang diambil ceritanya berasal dari orang terdekat Hitler, Traudl Junge. Junge adalah sekretaris Hitler ketika berada di dalam bunker.

Filem yang layak ditonton!.

Jenis Film DRAMA/WAR – ADULT (R)
Pemain BRUNO GANZ, ALEXANDRA MARIA LARA, JULIANE KOHLER
Sutradara OLIVER HIRSCHBIEGEL
Penulis BENRD EICHINGER
Production Company CONSTANTIN FILM
Official Homepage http://www.downfallthefilm.com/
Trailers http://www.downfallthefilm.com/
Duration 156 min

Read Full Post »

salah apa Aa Gym?

Sebenarnya saya menganggap berita mengenai pernikahan kedua Aa Gym adalah hal lumrah dan biasa, toh tak ada salahnya ketika seorang lelaki memutuskan – dengan segala pertimbangan – untuk menikah lagi, selama dia mampu dari segi fisik, waktu dan finansial, dan paling utama, merasa mampu berbuat adil buat pasangannya, Why NOT? Dan terlebih ini adalah kepentingan yang sangat INDIVIDUAL, dan bukan suatu persinggungan langsung dengan kepentingan PUBLIK.

Memang, Abdullah Gymnastiar adalah ulama dan menjadi panutan banyak orang, yang setiap hari bersinggungan dengan umatnya, sehingga bukan hanya perkataan beliau yang didengar, tapi perilaku beliau pun akan menjadi sorotan jamaahnya. Bahkan tanpa beliau inginkan, oleh media sosoknya dijadikan ikon selebritas yang kemudian menjadi penghias tabloid gosip dan infotainment. Olehnya itu, banyak yang secara tanpa sadar beranggapan dan menginginkan sebuah sosok KESEMPURNAAN pada diri Aa Gym. Tidak ada yang salah menurut saya, KESEMPURNAAN merupakan puncak tertinggi dari pencapaian spiritual hamba Allah SWT, dan wajar kalau semua hambaNya menginginkan maqam tertinggi itu. Dan pendapat saya pribadi, keputusan menikah Aa Gym ada hubungannya dengan loncatan maqam spiritual yang hendak beliau jalankan. Dan bukan sekedar persoalan nafsu semata-mata, sebagaimana yang diungkapkan oleh banyak orang yang sinis menanggapi berita ini.

Namun, yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah definisi dan ukuran KESEMPURNAAN dari seorang jamaah/umat untuk menilai pemimpin/ulama nya? Apakah ukuran itu bebas dari ego dan pendapat pribadi mereka? Mengapa semua orang menganggap steoreotip terhadap perilaku POLIGAMI? Poligami ada dalam hukum Islam. Bahkan juga dibenarkan oleh agama lain; Hindu, Yahudi, Kristen. Silahkan klik ke wikipedia (bahasa Indonesia, dan english).

Dan kalau tidak mau menganggap diri munafik dan sok suci, poligami jauh lebih mulia dan gentlemen daripada nikah siri, perselingkuhan, perzinaan, ‘jajan’ di lokalisasi dan yang lainnya. Tapi terlepas dari semua itu, sekali lagi saya tekankan; PENDAPAT PRIBADI yang muncul dari kekhawatiran terhadap BAIK dan BURUK hendaknya disingkirkan. Jangan kemudian melakukan generalisasi terhadap semua orang, apalagi kemudian membatasi kepentingan INDIVIDUAL nya untuk meingkatkan kedekatan kepada sang Maha KUASA.

Saya punya mimpi, seandainya sang Uswatun Hasanah, Rasulullah Muhammad al-Mustafa Abi al-Qasim SAWW hadir ditengah-tengah kita saat ini, dan dengan demikian juga mempraktekkan poligami beliau dengan istri-istrinya, apakah masyarakat akan ‘rela dan ikhlas’ menerima beliau SAWW sebagai junjungan dan rujukan dalam beragama? Nah…

Rasulullah SAW hanya menikah setelah Khadijah ra wafat, juga Imam Ali bin Abi Thalib kw baru menikah lagi setelah Fatimah ra wafat dan menurut riwayat, Rasulullah SAW berkeberatan ketika Imam Ali hendak berpoligami karena mengkhawatirkan perasaan putrinya…

seandainya Rasulullah SAW masih hidup, mungkin kita bisa tanyakan, kenapa baru mau berpoligami setelah istri pertama nya wafat?
kalo saya bisa mengeluarkan pertimbangan pribadi, mungkin kah kondisi saat itu, dimana Islam belum tegak sempurna menjadi alasan beliau?
wallahu ‘alam…..tp fakta menyatakan bahwa Nabi melakukan poligami….:p
Apakah manusia selain Nabi bisa adil? sama saja kita bertanya, apakah ada manusia selain Nabi bisa masuk syurga, karena salah satu syarat masuk syurga adalah beriman, sementara adil adalah salah satu sendi iman (sosial side)….?
so, mari kita serahkan kepada masing2 individu….kalo Aa Gym mau poligami, it’s his right to do that…not our business to classify it as SIN or BAD thing….(SINBAD…hehehe)
kalo Teh Ninih sudah ikhlas dimadu, yah end of topic…:p
yg lain gak usah marah…(kecuali buat yg cemburu kenapa nggak dia yg dijadiin istri ke-2 hehehe)yang saya heran kok malah banyak orang (biasa, gak penting banget), malah mencaci dan menyumpahi gak bakal mau dengar ceramah nya Aa Gym…yang ceramah Aa Gym kok yg lain sewot…(saya lihat banyak di infotainment dan tabloid, suratkabar…)

sekedar mengingatkan, bahkan Kebenaran/Hikmah yang keluar dari mulut MALING pun wajib kita ambil, apalagi dari Ustad yang Santun seperti Aa Gym….:p

so, menurut saya mari kita menempatkan sesuatu nya based on proporsi nya…:p
so, jangan munafik dan egois donk…

Read Full Post »